SEKILAS INFO
  • 2 minggu yang lalu / Web masih belum update Informasi
WAKTU :

Profile

›  Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang dibangun kembali mulai tahun 2011. Ide untuk membangun Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang adalah mengingat bangunan Masjid Agung Al-Ikhlas yang lama telah memiliki usia bangunan 33 tahun dan sudah tidak layak lagi untuk ditempati seiring dengan perkembangan zaman, desain arsitektur maupun daya tampung jama’ah untuk menunaikan ibadah sholat serta kegiatan-kegiatan keagamaan. Untuk itu saatnyalah Ibu Kota Kabupaten Ketapang harus sudah memiliki bangunan masjid yang besar dan dapat menampung umat muslim dalam beribadah sholat 5 (Lima) waktu, Sholat Idul Fitri, Sholat Idul Adha, dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh umat muslim di Kabupaten Ketapang, sehingga Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang akan menjadi icon umat islam di Kabupaten Ketapang pada khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya.

Bangunan Masjid  Agung Al-Ikhlas Ketapang memiliki 2 (dua) lantai dengan arsitektur khas umat muslim dan mengadopsi gaya arsitektur melayu yang dipadukan dengan gaya arsitektur Masjid Nabawi di Madinah dan Masjid di Negara Turki. Adapun bangunan Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang terletak di atas tanah yang luasnya 2,25 Hektar, dengan luas bangunan masjid 54×54 Meter atau seluas 2.916 M² dan ruang sholatnya dapat menampung 5.000 jama’ah, ruang serba guna untuk 700 orang, dilengkapi ruang perkantoran yang diperuntukkan bagi organisasi/lembaga keagamaan islam, taman, lapangan manasik haji, area kurban, dan parkir. Semoga dengan dibangunnya Masjid Agung Al-Ikhlas ini dapat menampung seluruh umat muslim untuk beribadah sholat dan kegiatan keagamaan umat muslim Kabupaten Ketapang. Pembangunan Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang saat ini dengan anggaran biaya sebesar Rp. 62.852.760.000.-. Saya berharap agar bangunan Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang yang baru ini untuk dijaga dan dipelihara dengan baik serta melengkapi lagi kebutuhan bangunan penunjang/pendukung masjid yang dianggap perlu seperti Islamic Center, dan lain-lainnya.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan ucapan terimakasih kepada seluruh umat muslim Kabupaten Ketapang yang telah dengan ikhlas memberikan bantuan baik pikiran maupun materil, demikian pula kepada seluruh dermawan/donatur, perusahaan/investor melalui  Corporate Social Responsibility di Kabupaten Ketapang demi mewujudkan bangunan     Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang ini. Semoga seluruh amal baik yang telah diberikan tersebut mendapat pahala yang setimpal dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin . . .

Besar harapan saya semoga Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang menjadi tempat bersatunya umat muslim dan seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang demi terwujudnya kesejukan, kedamaian dan ketentraman dalam kehidupan menuju masyarakat Kabupaten Ketapang yang sejahtera.

Wassalamualaikum Wr. Wb . . .

Salam Sejahtera untuk Kita Semua. . .